Pidato Ujian Praktek Bahasa Indonesia

Posted in By Agung Pratama Putra 0 komentar

Assalamualaikum warohmatullah hiwabarokatuh
Dalam kesempatan yang berbahagia ini marilah kita bersama-sama memanjatkan puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa yang telah melimpahkan rahmat,hidayah-Nya sehingga kita semua dapat melaksanakan Ujian Praktek Bahasa Indonesia ini.
 Sebelum memulai pidato ini ,izinkanlah saya memperkenalkan diri saya terlebih dahulu,dewan juri yang saya hormati perkenalkanlah saya Agung Pratama Putra yang pada kesempatan ini akan membawakan pidato yang berjudul Memanfaatakan perpustakaan sebagai upaya meningkatkan budaya membaca menuju masyarakat Indonesia yang cerdas .

Namun pada kenyataan,Amatlah sangat sedikit orang yang menyadari akan pentingnya perpustakaan,dan hanyalah segelintir orang yang menyadari akan pentingnya membaca.Contohnya ketika di suatu sekolah terdapat jam-jam kosomg murid-murid lebih cenderung memanfaat kan waktu luang mereka dengan menautak-atik benda-benda berteknologi yang mereka punya dibandingkan pergi keperpustakaan dan membaca suatu hal baru yang tentunya dapat menambah wawasan. Hal ini sudahlah cukup membuktikan bahwa minat membaca dari masyarakat kita sangatlah minim sehingga upaya mencerdaskan bangsa melalui membaca akan terhambat.

Sangatlaah disayangkan apabila kita menyia-nyiakan begitu saja fasilitas yang telah tersedia untuk kita sekarang ini ” PERPUSTAKAAN”sesungguhnya semakin banyak kita membaca maka semakin banyak pula ilmu pengetahuan yang bisa kita dapatkan.oleh karena itu suatu tindakan yang sangatlah keliru jika kita tidak menanamkan budaya membaca dalam diri kita sesegera mungkin.Mengingat manfaat dan pentingnya membaca dalam hidup kita saat ini.Adapun beberapa manfaat membaca yaitu:
  1. Membaca dapat memperluas wawasan dan pengetahuan kita terhadap suatu hal
  2. Dengan membaca kita dapat meningkatkan daya konsentrasi dari otak kita.Mengapa?
      Karena dalam membaca kita dituntut untuk berkonsentrasi agar pikiran kita dapat
      Terfokus dengen materi yang kita baca sehingga materi yang kita baca dapat
      Diserap oleh otak kita
  1. Dengan membaca dapat meningkatkan kemampuan kita dalam berbicara,karena
Dalam berbicara yang baik dan benar dibutuhkan berbagai metode,kosakata yang bisa kita dapatkan melalui membaca
  1. Membaca dapat meningkatkan kemampuan daya ingat dari otak kita, karena
Dalam membaca otak kita akan berusaha untuk mengingat apa yang telah dibaca
  1. Membaca membuat kita mengetahi perkembangan Zaman,karena kita dapat
Membandingkan kenyataan yang terjadi di sekitar kita dengan materi yang terdapat dalam bacaan tersebut contohnya melalui koran.
Sehingga dapat saya simpulkan bahwa membaca tentunya dapat meningkatkan kecerdasan kita apabila kita selalu melatih membaca secara terus menerus.

Dengan demikian berbagai cara berfikir yang keliru yang menyebutkan bahwa orang yang pergi ke perpustakaan hanyalah orang yang kutu buku dan ketinggalan zaman sudahlah seharusnya dihentikan ,karena jika tetap berfikir secara seperti itu sama saja halnya dengan tidak ingin Maju.

Demikianlah yang bisa saya sampaikan dan ” Marilah kita Budayakan membaca sedini mungkin demi kehidupan yang lebih baik lagi” agar negara kita dapat menjadi negara yang maju dengan membaca. Mohon maaf jika ada kesalahan dalam menyampaikan pidato ini. Sekian terimakasih.
Wassalamu’allaikum warohmattullah hiwabarokatu.